KONSEP DASAR PUBLIC RELATIONS

Pengertian Publik menurut para ahli:
1. Menurut Edward Westermarck : Publik (masyarakat) sebagai a group of individuals living a cooperative life.
2. Menurut Mac Iver dalam "Society" : menggambarkan masyarakat sebagai the system of social relationship in through which we live.

publik terdiri dari dua bagian yaitu :
1. group atau himpunan yang berada di dalam perusahaan
2. group atau himpunan yang berada di luar perusahaan.

Pengertian Relations 
Istilah relations pada hakekatnya di maksudkan dengan kegiatan membentuk suatu pertalian relasi atau menjalin hubungan satu sama lain.

Pengertian Public Relations
Menurut J. C Seidel : Public Relation adalah proses yang berkelanjutan dari usaha manajemen untuk memperoleh jasa baik dan pengertian dari para langganannya, pegawai-pegawinya dan publik umumnya. kedalam kegiatan PR mengadakan analisa dan koreksi (perbaikan-perbaikan) terhadap diri sendiri. keluar kegiatan PR mengadakan pernyataan-pernyataan yang berarti.

Konsep Public Relations dalam Praktek
- Public Relations adalah merupakan konsep kebijaksanaan sosial atau penerapan falsafah sosial.
- Public Relations adalah konsep manajemen/administrasi/fungsional
-Public Relations adalah konsep operasional/konsep integrasi
-Public Relations adalah konsep ekologi/lingkungan/ relasi
-Public Relations adalah konsep sistem komunikasi/teori/ teknik komunikasi/pola berfikir.

PROSES KERJA PUBLIC RELATIONS
Hal-hal untuk mempertimbangkan dalam proses kerja Public Relations itu adalah sebagai berikut :
- Keahlian yang dapat diandalkan
- Orang yang dapat dipercaya
- Pengawasan dan Koordinasi
- Perhatian terhadap setiap detail
- Dilaksanakan secara profesional

RELASI (LINGKUP) DALAM PUBLIC RELATIONS

Internal Publik Relations (Hubungan Publik Internal)
- hubungan dengan pegawai (Employee Relations)
- Hubungan dengan Manajer ( Manajer Relations)
- Hubungan dengan Pekerja ( Labour Relations)
- Hubungan dengan Pemegang Saham ( Stakeholders Relations)
- Human Relations (Hubungan Insani)

Eksternal Public Relations (Hubunagn Public Eksternal)
- Publik Pers (Press Public)
- Publik Pemerintahan (Government Public)
- Publik Masyarakat (Community Public)
- Publik Rekanan ( Supplier Public)
- Publik Pelanggan (Customer Public)
- Publik Konsumen ( Cumsomer Public)
- Public Bidang Pendidikan ( Educational Public)
- Public Umum (General Public)