Assalamu’alaikum wr. wb.
Hai semua 🙂 dateng lagi nih dengan materi baru, biar engga buang-buang waktu, langsung aja yuk disimak bersama-sama 😉

  1. Cell, merupakan bagian terkecil dari worksheet yang dapat diisi dengan jumlah karakter (max. 255 karakter). Isi cell dapat berupa value, formula atau text, contoh : A3, K5.
cell
  1. Column, adalah ruang antara 2 garis tegak pada worksheet, setiap kolom memiliki nama berdasarkan abjad, dari kolom A hingga Z, dilanjut AA hingga XFD.
kolom dan baris
  1. Row, adalah ruang antara 2 garis mendatar pada worksheet, untuk setiap baris memiliki nama berdasarkan angka, dari 1 hingga 1.048.576.
kolom dan baris
  1. Column Header, adalah induk dari sebuah kolom. Peraturan dan perubahan pada induk ini akan berakibat kepada seluruh sel yang terdapat pada kolom tersebut. Colomn header diwakili oleh huruf, seperti A, B, C, D dan seterusnya.
  2. Row Header, adalah induk dari sebuah baris, peraturan pada row header ini, juga akan berakibat pada seluruh sel yang terdapat pada baris tersebut. Row header diwakili oleh angka, seperti 1, 2, 3, 4, 5 dan seterusnya.
  3. Worksheet (Lembar Kerja), merupakan kumpulan dari 16.384 kolom dan 1.048.576 baris.
  4. Workbook (Buku Kerja), merupakan kumpulan dari 256 worksheet (bernama sheet1 sampai sheet256).
  5. Range, merupakan sekelompok cell yang akan mendapat aksi sama sesuai perintah yang anda jalankan. Pemberian alamat/address dilakukan mulai dari cell sudut kiri atas sampai cell sudut kanan bawah atau sebaliknya, contoh : A2-C7 adalah range mulai dari cell A2 sampai cell C7.
  6. Alamat Relatif, merupakan alamat yang jika dituliskan kedalam bentuk rumus atau fungsi akan berubah jika dicopy ke cell lain.
  7. Alamat Semi Absolut, merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ (dollar) didepan baris atau kolom sehingga nilai tidak akan berubah. Atau tekan F4 2x pada keyboard anda.
  8. Alamat Absolut, merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ (dollar) didepan baris dan kolom. Atau tekan F4 pada keyboard anda.
  9. Name Box, Merupakan menunjukkan nama cell/range yang aktif saat ini, contoh : SMK nama lain range A2:K8.

Menulis Rumus :
  1. Operasi Logika
    Lambang yang sering digunakan pada microsoft excel beserta fungsinya :
  • = : sama dengan
  • > : lebih besar dari
  • < : lebih kecil dari
  • >= : lebih besar atau sama dengan
  • <= : lebih kecil atau sama dengan
  • <> : tidak sama dengan
  1. Menggunakan Fungsi
    Fungsi sebenernya adalah rumus yang sudah disediakan oleh microsoft excel, yang akan membantu dalam proses perhitungan. Kita tinggal memanfaatkannya sesuai dengan kebutuhan. Umunya penulisan fungsi harus dilengkapi dengan argumen, baik berupa angka, label, rumus, alamat sel atau range. Argumen ini harus ditulis dengan diapit tanda kurung ().
  1. Fungsi Logika
    Adalah fungsi yang digunakan untuk menyelesaikan perhitungan-perhitungan yang berhubungan dengan pengambilan keputusan, fungsi logika yang digunakan adalah :
  • Fungsi IF : bentuk penulisannya : =if(kondisi;nilai jika benar;nilai jika salah) contoh : =if(A2<15;”anak-anak”;”dewasa”)
  • Fungsi Tabel : fungsi HLOOKUP dan VLOOKUP digunakan untuk membaca tabel secara vertikal (VLOOKUP) atau secara horizontal (HLOOKUP), penulisannya : =HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,….)
    =VLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,….)

Fungsi yang Sering Digunakan :
  1. Fungsi SUM
    Digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada satu range, penulisannya : =SUM(number1,number2,….)
  1. Fungsi AVERAGE
    Digunakan untuk mencari nilai rata-rata, penulisannya : =average(number1,number2,….)
  1. Fungsi MAX
    Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data, penulisannya : =max(number1,number2,…)

Jenis-jenis pointer pada microsoft excel :
jenis pointer

Sekian postingan hari ini, mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih atas perhatiannya 😉
Wassalamu’alaikum wr. wb.