Pertemuan 1 Memo
Memo merupakan pesan ringkas, yakni pesan yang ditulis seseorang dengan
singkat, jelas, dan mudah untuk dipahami. Menurut pemakaiannya, memo ada
yang bersifat resmi dan bersifat pribadi (tidak resmi). Memo bersifat
resmi dipakai sebagai surat pernyataan dalam hubungan resmi dari seorang
pimpinan kepada bawahannya. Memo bersifat pribadi dipakai sebagai nota
atau surat pernyataan tidak resmi antar teman, saudara, atau orang lain
yang memiliki hubungan akrab.
PPT Preview |
Download
Pertemuan 2 Inquiry Letters and Reply
Inquiry letter adalah sebuah jenis surat permintaan atau permohonan
informasi tentang suatu produk, jasa, lowongan pekerjaan atau informasi
bisnis lainnya.
PPT Preview |
Download
Pertemuan 3 Parts of Business Letter
Business Letter adalah surat yang digunakan oleh seseorang, lembaga
organisasi atau institusi yang menyampaikan pesan-pesan bisnis secara
tertulis kepada pihak lain dengan menggunakan media tertentu baik itu
berupa pengiriman surat via pos, faksmilie, telepon ataupun lewat jalur
internet.
PPT Preview |
Download
Pertemuan 4 Purchase Order Letter
Order letter adalah surat yang digunakan untuk memesan barang sesuai
dengan jumlah yang dibutuhkan oleh perusahaan baik dengan menggunakan
formulir perintah resmi atau tidak.
PPT Preview |
Download
Pertemuan 5 Complaint Letter
Complaint Letter merupakan surat yang ditujukan kepada
perusahaan/institusi berisi keluhan pelanggan terhadap produk/layanan
dari perusahaan/institusi yang memberikan layanan baik berupa
barang/jasa. Kesalahan yang terjadi dapat dikarenakan kesalahan manusia
seperti kurangnya pengawasan dalam pengepakan barang, kelambanan
pengiriman, kerusakan peti kemas dan lain sebagainya.
0 Komentar