Apa yang dimaksud dengan analisis SWOT? Pengertian Analisis SWOT adalah suatu metode perencanaan strategis untuk mengevaluasi faktor-faktor yang berpengaruh dalam usaha mencapai tujuan, yaitu kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats), baik itu tujuan jangka pendek maupun jangka panjang.
Istilah
analisis SWOT seringkali kita temukan dalam ruang lingkup ekonomi dan
bisnis. Metode analisis ini tujuannya adalah untuk menggambarkan situasi
dan kondisi yang sedang dihadapi dan bukan merupakan alat analisis yang
dapat memberikan solusi terhadap masalah yang tengah dihadapi.
Analisis
SWOT berperan penting dalam bisnis karena tujuannya untuk membuat
kerangka situasi dan kondisi dalam suatu perusahaan dari sudut pandang
SWOT (Strenght, Weaknesses, Opportunities, Threats). Dalam artikel ini akan dibahas secara lengkap tentang pengertian analisis SWOT dan manfaatnya dalam bisnis.
Baca juga: Pengertian Statistik
Agar lebih memahami apa itu analisis SWOT, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini;
1. Philip Kotler
Menurut
Philip Kotler, pengertian analisis SWOT adalah evaluasi terhadap semua
kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman, yang terdapat pada individu
atau organisasi.
2. Pearce dan Robinson
Menurut Pearce dan Robinson, pengertian analisis SWOT adalah bagian dari proses manajemen strategik perusahaan yang bertujuan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan utama perusahaan.
Kelemahan
dan kekuatan utama tersebut dibandingkan dengan peluang dan ancaman
ekstern sebagai landasan untuk menghasilkan berbagai alternatif
strategi.
3. Yusanto dan Wijdajakusuma
Menurut
Yusanto dan Wijdajakusuma, pengertian analisis SWOT adalah instrumen
internal dan eksternal perusahaan yang bertumpu pada basis data tahunan
dengan pola 3-1-5.
Penjelasan
mengenai pola ini adalah data yang ada diupayakan mencakup data
perkembangan perusahaan pada tiga tahun sebelum analisis, apa yang
diinginkan pada tahun saat dilakukan analisis (baca: Pengertian Analisis), dan kecenderungan perusahaan pada lima tahun pasca analisis.
4. Freddy Rangkuti
Menurut
Rangkuti, definisi analisis SWOT adalah usaha yang dilakukan
berdasarkan logika yang dapat memaksimalkan kekuatan dan peluang, dan
pada saat yang sama dapat meminimalisir kelemahan dan ancamana. Analisis
ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis
untuk merumuskan strategi perusahaan.
5. Rais
Menurut
Rais, pengertian analisis SWOT adalah metode analisis yang paling
mendasar yang berguna untuk mengetahui topik dan permasalahan dari empat
sisi yang berbeda. Hasil akhir dari analisis ini adalah arahan atau
rekomendasi untuk mempertahankan atau meningkatkan kekuatan dan peluang
yang ada, serta mengurangi kelemahan dan menghindari ancaman.
Baca juga: Pengertian Analisis DataUnsur-Unsur Analisis SWOT
SWOT
merupakan sebuah metode yang digunakan untuk membuat evaluasi kekuatan,
kelemahan, peluang dan ancaman dalam bisnis. Umumnya SWOT digambarkan
dengan tabel pada ukuran kertas yang besar untuk memudahkan analisis
hubungan antar aspeknya. Pembuatan analisis SWOT melibatkan tujuan
bisnis yang spesifik dan identifikasi faktor internal-eksternal untuk
mencapai tujuan tersebut.
Seperti yang sudah disinggung diatas, analisis SWOT melibatkan empat unsur utamanya, yaitu Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (peluang) dan Threats (ancaman). Berikut penjelasan dari masing-masing unsur tersebut:
1. Kekuatan (Strenght)
Analisis
terhadap unsur kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan. Misalnya saja
menganalisis tentang kelebihan apa saja yang dimiliki perusahaan seperti
dari segi teknologi, kualitas hasil produksi, lokasi strategis, atau
unsur kekuatan lainnya yang lebih menekankan pada keunggulan perusahaan.
Biasanya dalam analisis SWOT perusahaan cenderung akan membuat sebanyak mungkin daftar kekuatan sebagai upaya kompetisi.
2. Kelemahan (Weakness)
Selain
melihat unsur kekuatan perusahaan, sangat penting untuk mengetahui apa
kelemahan yang dimiliki perusahaan. Untuk mengetahui kelemahan
perusahaan bisa dengan melakukan perbandingan dengan pesaing seperti apa
yang dimiliki perusahaan lain namun tidak dimiliki perusahaan Anda.
Jika
ingin membuat daftar kelemahan perusahaan secara lebih obyektif bisa
dengan testimoni konsumen yang umumnya lebih mengetahui apa yang kurang
dari sebuah perusahan.
3. Peluang (Opportunity)
Unsur
peluang biasanya dibuat pada saat awal membangun bisnis. Ini karena
bisnis dibentuk berdasarkan peluang atau kesempatan untuk menghasilkan
keuntungan.
Unsur peluang termasuk
daftar apa saja yang memungkinkan bisnis mampu bertahan dan diterima di
masyarakat, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
4. Ancaman (Threats)
Analisis
terhadap unsur ancaman sangat penting karena menentukan apakah bisnis
dapat bertahan atau tidak di masa depan. Beberapa hal yang termasuk
unsur ancaman misalnya banyaknya pesaing, ketersediaan sumber daya,
jangka waktu minat konsumen, dan lain sebagainya.
Membuat
daftar ancaman perusahaan bisa untuk jangka pendek maupun jangka
panjang serta bisa sewaktu-waktu bertambah atau berkurang.
Manfaat Analisis SWOT
Banyak
sumber yang mengatakan bahwa analisis SWOT adalah metode analisis yang
paling dasar. Analisis ini bermanfaat untuk mengetahui suatu
permasalahan dari empat sisi yang berbeda, yaitu kekuatan, kelemahan,
peluang, dan ancaman, yang dimilki oleh sebuah perusahaan.
Hasil
dari analisis ini dapat memberikan rekomendasi untuk meningkatkan
kekuatan dan mempertahankan peluang, serta pada saat yang bersamaan
mengurangi kelemahan dan menghindari potensi ancaman.
Analisis SWOT juga berperan sebagai instrumen yang bermanfaat dalam aktivitas analisis strategis. Dengan analisis ini, organisasi dapat meminimalisir kelemahan dan menekan dampak ancaman yang harus dihadapi.
Jadi, secara umum manfaat analisis SWOT adalah sebagai berikut:
- Perusahaan menjadi lebih memahami kekuatannya dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkannya.
- Perusahaan dapat melihat suatu peluang dan dapat mempertahankan peluang.
- Perusahaan mengetahui kelemahan serta mencari solusi untuk mengurangi kelemahan tersebut.
- Perusahaan mengetahui potensi ancaman serta mencari solusi untuk menghindari ancaman tersebut.
Faktor yang Mempengaruhi Analisis SWOT
Secara
garis besar terdapat 2 faktor utama yang mempengaruhi analisa SWOT,
yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Berikut penjelasan
singkatnya:
1. Faktor Internal
Faktor internal adalah faktor-faktor yang berasal dari dalam suatu perusahaan, yaitu kekuatan dan kelemahan dari perusahaan itu sendiri. Adapun beberapa hal yang merupakan bagian dari faktor internal adalah;
- Sumber daya keuangan yang memadai
- Sumber daya manusia yang kompeten
- Properti teknologi terkini
- Kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan
- Kemampuan pemasaran yang baik
- Kemampuan distribusi yang baik
- Dan lain-lain
2. Faktor Eksternal
Faktor eksternal adalah semua faktor yang berasal dari luar perusahaan (ancaman dan peluang) dan berpengaruh terhadap performa perusahaan tersebut. Adapun beberapa hal yang merupakan bagian faktor eksternal adalah;
- Tren bisnis
- Budaya masyarakat
- Sosial politik dan ideologi
- Kondisi perekonomian suatu negara
- Peraturan dan kebijakan pemerintah
- Perkembangan teknologi
- Dan lain-lain
Contoh Analisis SWOT
Analisis SWOT brand StarBucks bisa kita jadikan referensi untuk membuat analisis SWOT. Perhatikan gambar berikut ini,Dari gambar di atas kita dapat mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman bagi bisnis Starbucks. Berikut penjelasan singkatnya:
1. Kekuatan Starbucks
- Memiliki produk dan layanan berkualitas tinggi
- Brand terkenal secara internasional, dan memiliki kekuatan branding
- Lokasi store berada di tempat yang strategis
- Memiliki hubungan yang baik dengan supplier
- Efektif dan efisien dalam rantai pasok
2. Kelemahan Starbucks
- Efek bagi kesehatan dari mengkonsumsi produk Starbucks
- Pertumbuhan masa depan semakin bergantung pada segmen internasional
- Bergantung pada segmen operasi di Amerika
- Bencana alam sangat mempengaruhi pasokan
- Bergantung pada hubungan dengan pemasok
3. Peluang Starbucks
- Memanfaatkan merek Starbucks lebih banyak lagi selain gerai
- Kelompok produk konsumen global
- Perluasan segmen operasi internasional
- Inovasi produk dan platform pertumbuhan baru
- Pertumbuhan masa depan semakin bergantung pada segmen internasional
4. Ancaman Bagi Starbucks
- Studi kesehatan terbaru tentang dampak gula
- Sejumlah besar pesaing dalam bisnis kopi spesial
- Suplai dan harga kopi tunduk pada volatilitas yang signifikan
- Kondisi ekonomi di Amerika bisa menurunkan belanja konsumen
- Lonjakan upah minimum menurunkan profitabilitas dan menurunkan pasokan
Pentingnya Analisis SWOT dalam Bisnis
Jika
mengacu pada penjelasan di atas, analisis SWOT sangat penting untuk
dilakukan, yaitu sebagai kerangka untuk menganalisis apa yang dimiliki
dan tidak dimiliki perusahaan. Analisis ini bukan hanya penting untuk
membangun sebuah bisnis saja, namun sangat penting untuk keberlangsungan
bisnis.
Analisa SWOT sudah dianggap
sebagai metode analisis untuk mendeskripsikan perusahaan yang paling
dasar. Melalui analisa SWOT dapat menjadi bahan untuk membuat
perencanaan strategis dan mencapai tujuan perusahaan secara lebih
sistematis.
Analisis yang diterapkan
dengan baik dan dijalankan dengan benar dalam sebuah perusahaan akan
sangat membantu untuk melihat sisi-sisi perusahaan yang selama ini tidak
terlihat. Tanpa melakukan analisis bisa jadi bisnis yang dibangun tidak
berjalan secara efisien dan efektif.
REFERENSI:https://www.maxmanroe.com/vid/bisnis/pengertian-analisis-swot.html
0 Komentar